Skip to content

Industri Pangan

August 3, 2008

Pola pengembangan industri pangan perlu memperhatikan hal seperti perubahan-perubahan, pemilihan jenis teknologi dan kelompok industri menurut skala usaha, yang pada prinsipnya melibatkan penerapan pelakuan fisik dan perlakuan kimia, atau kombinasinya.

Pengembangan industri pangan diarahkan pada keterkaitan pada sektor pertanian dan industri yang ditunjukan oleh keterkaitan antara industri pangan dengan SDA, keterkaitan industri pangan dengan industri pendukunganya, keterkaitan antara industri pangan dengan sektor ekonomi lainnya, dalam rangka pengembangan komoditas yang memiliki daya saing kuat dan strategis perlu dikembangkan.

Perkembangan industri pangan dapat ditelaah atas segi esensial seperti pengolahan, mutu produk berbasis International for Standardization Organization (ISO) dan persaingan dalam pemasaran. Ketiga hal pokok tersebut memunculkan situasi seperti kerusakan dan pembusukan produk jadi, penerapan GMP dan HACCP, pandangan back to nature di masyarakat, berkembangnya kesadaran kesehatan di masyarakat akan makanan/ minuman kesehatan, perkembangan budaya dan terbukanya lapangan kerja yang menginginkan bentuk bahan atau produk pangan cepat saji yang praktis.

Pola pengembangan industri pangan erat kaitannya dengan tingkat pandapatan dari negara yang bersangkutan, disamping ketersediaan sarana dan prasarana, serta permasalahan yang dihadapi maupun peluang yang dimunculkannya. Dalam hal ini, keberadaan industri pangan yang berprospek untuk memenuhi kebutuhan pangan, baik segar maupun olahan beserta program penganekaragaman produsi pangan bagi penyediaan bahan baku industri menjadi hal yang pokok. Produk pangan yang dinilai mempunyai peluang untuk dikembangkan di masa datang adalah produk pangan bergizi dan bermutu tinggi, produk pangan tidak bergizi, produk pangan kesehatan dan simulated foods, serta makanan ringan dan siap saji.

Industri pangan sebagai industri yang memiliki daya saing kuat, baik di pasaran dalam maupun luar negeri erat kaitannya dengan penguasaan teknologi dan penganekaragaman produk, tetapi dalam perkembangannya menemui masalah dalam hal jaminan bahan baku (jumlah dan kontinuitas, mutu dan lokasi), mutu produk, pemasaran tenaga profesional dan wirausahawan, sarana dan prasarana, pengembangan teknologi, pemerataan pertumbuhan, sumber dana dan litbang terapan. Hal tersebut pada dasarnya, menunjukan pentingnya keterkaitan yang erat antara sektor pertanian dan sektor industri yang didukung oleh aspek-aspek seperti peluang pasar, potensi SDA, potensi industri pangan, potensi sumber dana, dukungan sarana dan prasarana, kemampuan tenaga kerja, kemampuan teknologi dan litbang terapan.

Dalam operasionalnya, prospek industri pangan ditentukan oleh usaha terpadu yang didukung oleh suatu sistem advokasi dan konsultasi berkelanjutan yang dapat memunculkan skenario pengembangan menurut pengelompokan permasalahan utama, persentase masalah yang teridentifikasi, penetapan kawasan industri terpadu, pengembangan kewirausahaan dan dinamika baru. Hal tersebut ditunjukan untuk melakukan penilaian fokus produk yang mengarah pada pengertian prospektif strategik dan komersial kompetitif. Untuk itu, perlu diperhitungkan potensi pasar, potensi wilayah dan kondisi saat ini terhadap dampak tingkat teknologi yang digunakan beserta klasifikasi bisnis yang ditimbulkannya berdasarkan strategi berbasis bahan baku lokal bernilai tambah tinggi, penguasaan pasar, teknologi dan informasi, benchmarking, kemitraan dan networking usaha, serta SDM dan kebijakan pemerintah.

Informasi lengkap tentang artikel ini dapat diperoleh pada buku Manajemen Industri Pangan karangan Musa Hubeis yang diterbitkan oleh Penerbit Universitas Terbuka, Jakarta pada tahun 2007. buku ini tersedia di perpustakaan dan toko buku atau menghubungi penerbit di Kotak Pos 666 Jakarta 10001.

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: